STUDI PERBANDINGAN KONSTRUKSI PERKERASANLENTUR ( FLEXIBLE PAVEMENT ) DAN PERKERASANiiKAKU ( RIGID PAVEMENTa) DITINJAU DARI BIAYA STUDI KASUS: PENINGKATAN KUALITAS JALAN SUNGAI PINANG-PANTAI MEMPANAK KABUPATEN LINGGA
Abstract
ABSTRAK
Pada rencana pekerjaan konstruksi perkerasan lentur (flexible pavement) digunakan lapisan pondasi bawah 15 cm, lapisan pondasi atas 12 cm, lapisan Ac-Bc 5 cm, dan lapisan Ac-Wc 3 cm jadi total keseluruhan 35 cm. Dan rencana pekerjaan konstruksi perkerasan kaku digunakan tebal lapisan pondasi bawah 15 cm dan lapisan rigida 20 cm dengan total 35 cm. Dengan analisa perbandingan dengan menggunakan analisa SNI diperoleh biaya untuk perkerasan lentur adalah Rp 12.472.285.917,00 dan perkerasan kaku adalah Rp 15.093.514.427,00. Dari hasil perhitungan analisa tersebut perkerasan kaku lebih direkomendasikan untuk digunakan pada jalan Sungai Pinang-Pantai Mempanak Kabupaten Lingga dibandingkan dengan perkerasan lentur. Dengan efisiensi biaya sebesar17,37%
Kata Kunci: Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku,. Efisiensi Biaya.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Suryawan, Ari. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Yogyakarta : Beta Offset Yogyakarta.
Christady Hardiyatmo, Hary. 2019. Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Meilani Putri, Conny . 2016. Studi Analisis Harga Satuan Pekerjaan Preservasi Rehabilitasi Mayor Jalan Dengan Metode Analisa Bina Marga (K), Analisis Sni Dan Analisis Lapangan (Studi Kasus Pekerjaan Overlay Pada Proyek Preservasi Rehabilitasi Mayor Jalan Arteri Selatan Yogyakarta). Yogyakarta :Universitas Islam Indonesia.
Rahman Hidayat, Adi. 2015, “Evaluasi Perbandingan Biaya Dan Metode Pelaksanaan Kontruksi Pada Pekerjaan Peningkatan Jalan Perkerasan Kaku Dengan Perkerasan Lentur”.
Kementerian PUPR.2016. “Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum”. JDIH Kementerian PUPR. Jakarta
Kementerian PUPR. 2002. “Pedoman Perencanaan Perkerasan Lentur”, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Jakarta
Kementerian PUPR. 2013.“Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum”. Kementrian Pekerjaan Umum. Jakarta
Farid, Abdulloh. 2013.“Analisis Perbedaan Biaya Konstruksi Jalan Beton Dan Jalan Aspal Dengan Metode Bina Marga Dan Aashto 1993 Selama Umur Rencana 20 Tahun (Studi Kasus Pada Proyek Jalan Tol Mojokerto Kertosono) Sta. 0+000 - Sta 5+000”. Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya, 06(01), 75-90.
Gecong, Alimin. 2010.Studi Perbandingan Biaya Konstruksi Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur. Majalah Ilmiah Al-Jibra.11(35): 1411-7797.
Risman. 2017. Analisis Perbandingan Biaya Konstruksi Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur pada Jalan Kawasan Industri di Bandung.Jurnal Konstruksia.9(1):77-88.
Sahrianto, Lutfi Ana. 2016. Analisa Perbandingan Konstruksi Jalan Perkerasan Lentur dengan Perkerasan Kaku Ditinjau dari Metode Pelaksanaan dan Biaya Studi Kasus: Pekerjaan Peningkatan Struktur Jalan Mantingan-Ngawi.1-12.
Waluyo, Rudi. 2008.Studi Perbandingan Biaya Konstruksi Lapis Pondasi Beton Dan Lapis Pondasi Agregat. Media Komunikasi Teknik Sipil, 16(3), 291-301.
DOI: https://doi.org/10.33373/sigma.v3i1.2452
Refbacks
- There are currently no refbacks.
E-ISSN 2599-0616
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sigma Teknika
Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji
Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id