RANCANG BANGUN DASHBOARD E-VOTING PEMILU PRESIDEN BEM SEKOLAH TINGGI TEKNIK IBNU SINA BATAM

Abdul Rohmat Basar, Benny Dwika Leonanda

Abstract


Penelitian ini mengimplementasikan E-voting dalam bentuk dashbord untuk membantu Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) dalam Pemilu Presiden BEM di STT Ibnu Sina Batam. Pemilihan sebelumnya masih menggunakan cara lama yaitu dengan mencoblos pakai kertas hasilnya dimasukkan pada kotak suara maka dari itu dibutuhkan pengembangan sistem secara online, hal ini bertujuan untuk menghemat waktu dan biaya operasional. Data pada sistem diperoleh dari hasil pemilihan BEM tahun 2018 dimana pemilih adalah mahasiswa aktif untuk Program Studi Teknik Informatika 519 orang dan Program Studi Teknik Industri 590 orang. Data Primer didapatkan dari hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa dan ketua STT Ibnu Sina Batam dimana menyatakan membutuhan sistem dan hasil pemungutan suara yang dapat ditampilkan secara real time. Data sekunder didapatkan dari data pemilihan sebelumnya yang menggunakan google form, dan hasil pemilihan kembali diimplementasikan ke sistem dashboard. Metode pemodelan sistem yang digunakan dalam Unified Modeling Langguage (UML) adalah use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, sedangkan pengembangan sistem menggunakan metode Macro Procces pada Object Oriented Analysis Design (OOAD) dengan tahapan Requirements, Analysis and Design, Implementation, Testing dan Deployment, sistem menggunakan sistem database My-SQL dan bahasa pemrograman PHP. Pada implementasi sistem hasil pemilihan Presiden BEM dan Ketua HIMAPRODI STT Ibnu Sina Batam dalam bentuk grafik dashboard yang menarik bagi pemilih dan mampu menghemat waktu dan biaya penyelenggaraan pemilu.

Keywords


dashboard, e-voting, OOAD, UML.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis.Jakarta: Salemba Empat.

Booch, G., et al. 2007. Object Oriented Analysis and Design with Application. Bouston : s.n., 2007.

Few, Stephen. (2006). Information Dashboard Design. USA : O'Reilly Media. ISBN: 0-596-10016-7.

Nuryanto, E. P., & Wintoro, P. B. (2017, November). Aplikasi E-Voting Pada Pemilihan Raya (PEMIRA) Institut Informatika Dan Bisnis (IIB). In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 90-100).

Prasetyotomo, A. S. (2014). Pengembangan Sistem Informasi Geospasial Berbasis Mobile Pada Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia: Studi Kasus BNP2TKI.

Ridwan, M., & Arifin, Z. (2017). Rancang Bangun E-Voting Dengan Menggunakan Keamanan Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) Berbasis WEB (Studi Kasus:Pemilihan Ketua BEM FMIPA).

Risnanto, S. (2017). Aplikasi Pemungutan Suara Elektronik/E-Voting Menggunakan Teknologi Short Message Service Dan At Command. Jurnal Teknik Informatika, (1), 17-26.

Ruhamah, R. (2015). Pengembangan Aplikasi EVoting Berbasis Web Pemilihan Presiden BEM. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 4(1), 55-65.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i2.3346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics