STRATEGI PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN MAHASISWA PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS IBNU SINA DENGAN METODE SWOT DAN QSPM

Herman Herman, Jonrinaldi Jonrinaldi, Ahmad Syafruddin Indrapriyatna

Abstract


Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina bergerak dibidang pendidikan yang menyediakan berupa layanan mahasiswa, namun berdasarkan hasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan mahasiswa masih merasa belum puas terhadap layanan yang disediakan oleh Fakultas Teknik Univeristas Ibnu Sina seperti fasilitas layanan belum lengkap, lambat respon terhadap keluahan, toilet kurang bersih, ruangan perkuliahan belum rapi, wifi kurang lancar, oleh karena itu diperlukan strategi perbaikan layanan yang dapat memenuhi keinginan mahasiswa. Untuk mencapai semua itu diperlukan metode strategi perbaikan layanan ini yaitu dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM, berdasarkan dari hasil perumusan strategi dengan menggunakan matriks IFAS & EFAS maka terdapat 10 usulan Strategy perbaikan layanan sedangkan hasil perhitungan matriks QSPM peningkatan akreditasi prodi dan institusi dengan nilai Atractive Score (AS) 124 & Total Atractive Score (TAS) 6,29 sedangkan prioritas yang kedua adalah melakukan pelatihan rutin kepada SDM layanan dengan total nilai Atractive Score (AS) 114 & Total Atractive Score (TAS) 5,994


Keywords


Strategi; Kampus; Layanan; SWOT; QSPM

Full Text:

PDF

References


Abiddin, M. Z., Masudin, I., & Utama, D. M. (2017). Pemilihan strategi pemasaran dengan metode SWOT dan TOPSIS. Jurnal Teknik Industri, 18(1), 55-67.

Bora, M. A., Putri, M. V., & Pradipta, M. F. (2021). Pengukuran Kepuasan Kerja Karyawan Menggunakan Metode Job Satisfication Scale (JSC). PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 9(2), 225-236.

Christianingsih, E. (2020). Mengenal Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 10(1).

Desiani, K., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2016). Analisis Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Yamaha Di Maha Surya Motor Singaraja Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2).

De Yusa, V., & HS, A. M. A. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 169-176.

Elyarni, R., & Hermanto, H. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Metris, 17(02), 81-88.

Firmansyah, F., & Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa (Vol. 113). Duta Media Publishing.

Gaspersz, V. (2002). Manajemen kualitas dalam industri jasa.

Herman, (2021) “Rumusan Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Perguruan Tinggi di Universitas Ibnu Sina” Tesis. Fakultas Teknik, Teknik Industri, Universitas Ibnu Sina, Batam.

Herman, H., Amrina, e., & Bora, M. A. (2022). Penerapan Quality Function Deployment Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Sigma Teknika, 5(1), 001-011.

Hidayat, N., Firman, F., & Thabrani, G. (2018). Anaisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan Universitas Negeri Padang (UNP) Dengan Mengintegrasikan Libqual Dan Kano Ke Dalam QFD. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 28-39

Ibrahim, A. (2016). Analisis Implementasi Manajemen Kualitas dari Kinerja Operasional pada Industri Ekstraktif di Sulawesi utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).

Mahfud, T., & Mulyani, Y. (2017). Aplikasi Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)(Studi Kasus: Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Program Studi Tata Boga). JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 66-76.

Monalisa, S. (2016). Analisis kualitas layanan website terhadap kepuasan mahasiswa dengan penerapan metode webqual (Studi Kasus: UIN Suska Riau). Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 13(2), 181-189.

Qanita, A. (2020). ANALISIS LAYANAN BELANJA KRIING PASAR TRADISIONAL SUMENEP DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE SWOT DAN QSPM. Airlangga Journal of Innovation Management, 1(2), 160-174.

Oktaviani, H. R., Saifudin, R. E. P., & Puspita, R. E. (2019). Kualitas Layanan sebagai Strategi Peningkatan Kepuasan Pengunjung Perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 159-174.

Permatasari, T. I. (2019). Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Swot Dan Service Quality Di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Batu (Doctoral dissertation, ITN MALANG).

Mahfud, T., & Mulyani, Y. (2017). Aplikasi Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)(Studi Kasus: Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Program Studi Tata Boga). JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 66-76.

Rahmatin, N. (2016). Perencanaan Strategi Pengembangan Kantin Dengan Analisis Swot Dan Qspm (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Rachmadi, D. J. (2017). Perumusan strategi bisnis garment dengan menggunakan analisis swot, competitive profile matrix dan quantitative strategi planning matrix di CV. M2tech. SKRIPSI-2015.

Retnawati, L. (2018). Perencanaan Strategis SI/TI Dengan Metode Analisa SWOT dan BSC Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Universitas XYZ. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 2(3), 135-142.

Rachmadiansyah, M. Z., & Samanhudi, D. (2020). Strategi Layanan Distribusi dengan Pendekatan Physical Distribution Service Quality (PDSQ) dan SWOT pada Pelanggan PT XYZ. JUMINTEN, 1(6), 85-96.

Setyorini, H., & Santoso, I. (2017). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (studi kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53.

Sani, K., Winarno, W. W., & Fauziati, S. (2015). Strategi Peningkatan Model Layanan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Framework ITIL V. 3 dan COBIT 4.1 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Semnasteknomedia Online, 3(1), 2-3.

Sufiyyah, A. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Birokrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Aset, 13(2), 85-93.

Tuerah, F. F. R., Mananeke, L., & Tawas, H. N. (2016). Analisis kualitas layanan akademik dan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(4).




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i2.4493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics