RANCANG BANGUN TRAINER SIMULATOR UNTUK PELATIHAN AIR CODITIONAL R22
Abstract
Pengenalan teknologi baru harus dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar dan pelatihan agar peserta didik mampu menjadi kader yang siap dalam menghadapi tantangan dunia di era teknologi. Kualitas proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang dapat mendukung kualitas hasil belajar peserta pelatihan adalah ketersediaan media pembelajaran. Dalam proses pelatihan terjadi proses interaksi, menunjukkan merupakan proses komunikasi. Komunikasi terjadi antara penyampai pesan dengan penerima pesan lebih mudah menggunakan media pembelajaran sebagai miniatur atau replika dari benda aslinya yang lebih dikenal dengan sebutan trainer simulator yang sangat penting dan mempengaruhi penyerapan informasi dalam pembelajaran dan pelatihan.
Rancang bangun Trainer Simulator Air conditional ini bertujuan melihat proses rancang bangun, keefektifan praktikalitas serta kemudahan peserta training dalam memahami pelatihan Air conditional dengan menggunakan trainer simulator Air Conditional sebagai alat bantu pelatihan.
Hasil rancang bangun trainer simulator , didapatkan satu unit trainer simulator Air Conditional ,yang dapat membuktikan tingkat efektifitas berdasarkan kerja refrigerant pada tekanan 60-70 PSI dengan hasil Coefficient of performance 4,4 – 4.6 dengan penggunaan arus yang nominal (3,3 Ampere), dari segi penggunaan trainer simulator kepada instruktur dan peserta pelatihan, tingkat praktikalitas didapat adalah 80% oleh instruktur 90 % oleh peserta pelatihan. Simpulan Rancang bangun Trainer Simulator Air conditional dapat melihat proses rancang bangun ,keefektifan dan kemudahan peserta training dan lebih memahami pelatihan dengan menggunakan trainer simulator Air Conditional .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pressman, R. S., 2009, Software Engineering: A Practitioner's Approach, Ed.7, McGraw-Hill, New York.
Suryani, Nunuk. (2013). Pengembangan Model Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Model Value Clarification Technique. Paramita Vol. 23 No. 2 – Juli 2013, hlm. 208 – 219.
Wahyudi, Lukman dan Tri Rijanto. 2017. “Pengembangan Trainer Miniatur Pintu Perlintasan Kereta Api Berbasis PLC Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Merangkai PLC Di SMK Dwija Bakti Jombang”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 6, no. 1.
Model Course 6.10 Train the Simulator Trainer and Assesor, 2012 Edition
Raharjo, Samsudi. (2011), Efektifitas Penggunaan MUSIcool Pada Mesin Pengkondisian Udara Merk Panasonic dan Toshiba, Prosiding Seminar Nasional Sains 2, Unwahas
.[6] Azwar. Saifuddin. 2013. Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.5053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
E-ISSN 2599-0616
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sigma Teknika
Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji
Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id