PENERAPAN STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) UNTUK MENGIDENTIFIKASI CACAT PRODUK COFFEE MAKER TIPE XX

Annisa Purbasari, Indra Yoga Pratama

Abstract


Untuk mendapatkan keunggulan daya saing global, suatu industri dituntut untuk meningkatkan kualitas produknya. Ketika kualitas yang dimiliki suatu produk rendah, maka akan berdampak pada jumlah produk cacat yang tinggi. Kondisi ini perlu didukung dengan menerapkan pengendalian kualitas, sehingga dapat menghasilkan produk yang mempunyai daya saing tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi cacat dominan yang paling banyak terjadi, mengetahui penyebab cacat dan menyediakan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi jumlah cacat pada produk coffee maker tipe XX di PT. ABC dengan metode Statistical Process Control. Penelitian ini mengamati penerapan SPC di PT. ABC. Hasil analisis menggunakan metode SPC menunjukkan bahwa cacat pada produk coffee maker tipe XX yang paling sering terjadi yaitu low pressure yang disebabkan oleh faktor manusia, mesin, lingkungan, proses, dan material. Rekomendasi perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi cacat produk adalah menyediakan alat bantu JIG. Alat SPC bermanfaat dalam upaya perbaikan kualitas secara keseluruhan dan mencapai sistem manajemen mutu.

Keywords


Faktor penyebab cacat, Kontol kualitas, SPC

Full Text:

PDF

References


Alfatiyah, R; Bastuti, S; Kurnia, D., “Implementation of Statistical Quality Control to Reduce Defects in Mabell Nugget Products (Case Study at PT. Petra Sejahtera Abadi)”. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering-2nd TICATE 2019, 852, 2020.

Bangun, C.S., Maulana, A., Rasjidin, R., Rahman, T. “Application of SPC and FMEA Methods to Reduce the Level of Hollow Product Defects”. Jurnal Teknik Industri-Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri. 8(1), hal: 12-16, 2022. Tersedia: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/16681/7726

Madanhire, I; Mbohwa, C., “Application of Statistical Process Control (SPC) in Manufacturing Industry in a Developing Country”. ScienceDirect: Procedia CIRP. 40, hal 580-583, 2016. Tersedia: www.sciencedirect.com

Qiu, P., Introduction to Statistical Process Control. Boca Raton-USA: CRC Press Taylor & Francis Group, 2014, hal 6.

Suhartini, N., “Penerapan Metode Statistical Proses Control (SPC) Dalam Mengidentifikasi Faktor Penyebab Utama Kecacatan Pada Proses Produksi Produk ABC”. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, 25(1), hal. 10-23, April, 2020.

Zagloel, T.Y.M; Nurcahyo, R., “TQM : Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri”, Jakarta : UI Publishing, 2023.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v7i1.6226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics