Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 7 Seluma

Desti Dwi Puspita Sari, Irwandi Irwandi

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 7 Seluma. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain eksperimen semu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian statistik inferensial diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 7 Seluma dengan hasil uji T independen nilai sig. 0,018 < 0,05.

Kata kunci: Model Pembelajaran PjBL, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/simbiosa.v13i2.6968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.