Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 7 Seluma
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 7 Seluma. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain eksperimen semu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian statistik inferensial diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 7 Seluma dengan hasil uji T independen nilai sig. 0,018 < 0,05.
Kata kunci: Model Pembelajaran PjBL, Berpikir Kritis
Kata kunci: Model Pembelajaran PjBL, Berpikir Kritis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/simbiosa.v13i2.6968
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.