ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN KAS

Resti Butar Butar, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui apakah PT. Toba Gena Utama Belawan telah Menerapkan Sistem Pengendalian Intern Kas yang efektif dan efesien, sehingga tujuan Akuntansi kas dapat tercapai. Pada Penelitian ini Teknik Pegumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang menggunakan analisis deskriptif dan komporatif. Hasil penelitian memperoleh data yag menunjukkan bahwa telah terdapat suatu sistem pengendalian intern kas pada perusahaan PT. Toba Gena Utama Belawan, namun setelah dibandingkan dengan praktek yang ada pada perusahaan dengan teori yang ada, terdapat beberapa hal mengenai sistem pengendalian intern kas yang belum diterapkan dalam perusahaan diantaranya: tidak adanya pemisahan petugas yang menangani pengeluaran dan penerimaan kas,tidak adanya pemisasahan antara petugas yang menangani pembukuan  dengan rekonsiliasi bank dan tidak adanya kebijakan perusahaan untuk mengadakan mutasi kerja, maka berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern kas yang terdapat pada PT. Toba Gena Utama Belawan belum efektif dan efisien sehingga tujuan pelaksanaan akuntansi kas belum tercapai dengan baik.


Keywords


Sistem, Pengendalian Interns, Kas

Full Text:

PDF

References


Astriani, F., E., 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. E-Joernal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Vol. 2 No. 1, Maret, hal. 1-25.

Astuti dan Erma Setiawati. 2014. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang, dan Kepemilikan Manjerial Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010 –2012. Seminar Nasional dan Call Paper. Hal 325 –336.

Dewi, Sri Mahatma, dan Ary Wijaya. 2013. Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan. ISSN 2302-8556. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2 (2013): 358-372.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. 2014. Analisis Laporan Keuangan., Edisi tujuh., UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Hani, Syafrida. 2015. Teknik Analisa LaporanKeuangan. Medan: UMSU PRESS.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi. Edisi Revisi 2011. Jakarta: Rajawali Pers.

Hermuningsih, Sri. 2012. Pengantar Pasar Modal Indonesia. Yogyakarta : UPP STIM YKPN

Jayaningrat, I Gusti A. Arya dkk. 2017. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Deviden, Kepemilikan Manajerial, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Vol: 7 No: 1 Tahun 2017).

Juliani. 2018. Pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi.

Kasmir. 2012, Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada.

Mahendra Dj, Alfaredo, Luh Gede Sri Artini, dan A.A Gede Suarjaya. 2012. Pengaruh KinerjaKeuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa EfekIndonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol 6. No 2.Hal:130-138.

Priyatno, Dewi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi.

Rinnaya, Ista Yansi. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014). Journal Of Accounting. Vol. 2 No.2.

Rochmah, S. A., & Fitria, A. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(3).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Jakarta: CAPS.

Syamsudin, Lukman. 2013. Manajemen Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i1.3173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan