Pengaruh Merek, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan

Linda Novari Santi, Lukmanul Hakim

Abstract


Salah satu bisnis di bidang automotif yaitu salah satunya sepeda motor. Persaingan bisnis dealer sepeda motor dituntut untuk terus meningkatkan pelayanan demi dapat meningkatkan citra positif dibenak pelanggan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bertujuan mencari pengaruh dengan pendekatan kuantitatif dimana sampel sejumlah sebanyak 74 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji T. Berdasarkan analisis data penelitian hasil perhitungan koefisien jalur hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel dan signifikansi uji t secara umum menunjukkan nilai thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa semua variabel penelitian adalah signifikan. Selanjutnya diperoleh angka R Square variabel merek terhadap loyalitas pelanggan sebesar 72%, variabel harga terhadap loyalitas pelanggan sebesar 39%. Pada variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 32%. Pada pengujian secara bersama-sama merek, harga, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan diperoleh angka R Square sebesar sebesar 45,1%.

Keywords


Merek, Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


(1) Amalia, E. (2018). Implementasi Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Ciseeng, Kab. Bogor, Provinsi Jawa Barat. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

(2) Agung, Ferdinand. 2016. Analisis Implementasi Proses Knowledge Management pada Kantor Akuntan Publik Non Big-Four (Penelitian Exploratory pada KAP ADR). Tesis. Yogyakarta. Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada.

(3) Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit. Alfabeta.

(4) Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

(5) Alaan, Yunus. 2016. Pengaruh Service Quality (Tangible, Empathy, Reliablitity, Responsiveness Dan Assurance) Terhadap Customer Satisfaction: Penelitan Pada Hotel Serela Bandung. Jurnal Manajemen. Volume 13, Nomor 2.

(6) Albarq. 2014. Measuring the Impacts of Online Word of Mouth on Tourists". Attitude and Intentions to Visit Jordan: An Empirical Study.

(7) Ali Hasan. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.

(8) Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

(9) Daniel Petzer & Nedia Mackay. 2014. Dining atmospherics and food and service quality as predictors of customer satisfaction at sit-down restaurants.

(10) Eshetie, S., et al., 2016. Methicillin resistant Staphylococcus aureus in Ethiopia: a meta-analysis. Department of Medical Microbiology, College of Medicine and Health Sciences, University of Gondar. Gondar, Ethiopia DOI 10.1186/s12879-016-2014-0.

(11) Ekasari, Novita. 2014. pengaruh promosi berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian produk jasa pembiayaan endaraan pada PT. BFI Finance Jambi. Volume 16, Nomor 2, Hal.81-102. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi.

(12) Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

(13) Felix, R. 2017. Service Quality and Customer Satisfaction in Selected Banks in Rwanda. Business & Financial Affairs, 5.

(14) Harahap, Z., Soegoto, A. S., dan Rotinsulu, J. J. 2014. Citra Merek, Ekuitas Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Indomie Dikecamatan Malalayang 1 Barat Manado. Jurnal Emba. 2(2) Juni: 859-870.

(15) Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung: ALFABETHA.

(16) Iddrisu, A., M., I. K. Nooni, Fianko, K. S., and W. Mensah, 2015, Assessing the Impact of Service Quality on Customer Loyalty: A Case Study of The Cellular Industry of Ghana, British Journal of Marketing Studies, Vol. 3., No. 6., July., pp. 15 – 30.

(17) Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

(18) Armstrong, Kotler. 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition , England : Pearson Education, Inc.

(19) Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2018. Principles of Marketing, Seventeenth Edition, Pearson Education Limited, United Kingdom.

(20) Muhammad, Iqbal, Azhari., Dhlan, Fanami., & M. Kholik Mawardi. 2015. Pengaruh Customers Experiance Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 28, No. 1.

(21) Maryati. MC. 2014. Manajemen Perkantoran Efektif. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

(22) Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara. Jakarta.

(23) Natarajan, R., & Sudha,V. 2016. A Relationship between Brand Image and Brand Loyalty (A Study with Reference to FMCG Consumers in Vellore District) Journal of Economic and Business Review, 4, 139-142.

(24) Nindia. 2017:7. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia”, Buku Dua, Edisi. Pertama, Andy, Yogyakarta.

(25) Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

(26) 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

(27) Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.

(28) Panjaitan, Harry P dan Dian Putri Kusuma Wardani. 2016. Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode RGEC Terhadap Harga Saham. Jurnal Procuratio Vol. 04 No. 02 EISSN 2580-3743.

(29) Yarimoglu, Emel Kursunluoglu. 2014. A Review on Dimensions of Service Quality Models. Journal of Marketing Management Vol. 2 No. 2, pp. 79-93.

(30) Wantara, Pribanus. 2015. The Relationship among Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty in Library Services. Journal Vol 4. Indonesia: Departement of Management, Faculty of Management, University of Trunojoyo.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i3.3745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan