PENGARUH PEMBELAJARAN SCIENTIFIC SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SD

Silvia Isna Setyaningrum, Naniek Sulistya Wardani, Tego Prasetyo

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran scientific snowball throwing (S-ST) terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive stratified quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan instrumen lembar butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji t. Kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan df. 29 dan sig. 0,155 > 0,05 dan df. 29 dan sig.0,081 > 0,05. Kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen yang ditunjukkan dengan  sig. 0,809 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,029 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran S-ST terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD. T-hitung 2,241 > 2,009 t-tabel, maka terdapat perbedaan pembelajaran S-ST dan pembelajaran langsung terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD.

 

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Model Snowball Throwing, Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press.

Dewi, M. P., Putra, I. K. A., & Negara, I. G. A. O. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur. MIMBAR PGSD Undiksha.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ernawati, N. K. T., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2016). Penerapan Model Pembelajran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Semester Genap SDN 1 Tegal Badeng Timur Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2015/2016. Mimbar PGSD Undiksha.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ismail, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 1-12.

Linovia, D. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung. Skripsi.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara

Saminanto. 2010. Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang: Rasail Media Grup.

Sandi, I. K., Suwatra, I. I. W., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Siregar, E, hartini, N. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Suprijono. 2011. Cooperative Lerning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Belajar

Wardani Naniek Sulistya. 2012. Efektifitas Model Perkuliahan (Asesmen Pembelajaran) Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (IK) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa S1 PGSD FKIP. Prosiding Seminar Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Widiantari. 2012. Model Pembelajaran Konvensional. Bandung: Pustaka Setia

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v5i1.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.