PENGARUH MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Heliyana Zuriyati, Edi Harapan, Missriani Missriani

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manajemen perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XII berjumlah 233 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 147 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik  pengumpulan  data yang yang digunakan yaitu  angket dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yaitu teknik regresi linier berganda, uji t dan uji F. Dari hasil penelitian disimpulkan 1) Tidak ada pengaruh manajemen perpustakaan terhadap prestasi belajar 2) Ada pengaruh signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar. 3) manajemen perpustakaan dan minat baca secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Kata kunci: Manajemen Perpustakaan, Minat Baca dan Prestasi Belajar

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of library management and reading interest on   student achievement in SMA Negeri 1 Tanjung Raja. The population in this study class XII students amounted to 233 people, with a total sample of 147 students. The sampling technique is simple random sampling technique. This research uses quantitative methods. Data collection techniques used were questionnaires and documentation. Analysis of the data used is multiple linear regression techniques, t test and F test. From the results of the study concluded 1) There is no influence of library management on learning achievement 2)There is a significant influence between reading interest and learning achievement. 3) library management and interest in reading together affect learning achievement.
Keywords:
Library Management, Interest in Reading and Learning Achievement


Keywords


Manajemen Perpustakaan, Minat Baca, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, B. (2010). Berprestasi Tujuan Hidupku. Jakarta: Kemendiknas.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, I. (2011). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bando, S dkk. (2014). Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmanto, P. (2018). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Diem, C. D. (2011). Perpustakaan,Kepustakaan Dan Keaksaraan. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Ginasari, O dkk (2016) Hubungan Layanan Perpustakaan dan Minat Baca

dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Jamaluddin. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Terhadap

Prestasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Hasanuddin. Jurnal , XIII (1)1-8.

Marlina, L., dkk. (2017) Hubungan Minat Baca Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Pekan Baru. Pekbis Jurnal, 9(1)33-47.

Masyhuri, & Zainuddin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Muhaimin, dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Musfah, J. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Prasetyo, B., & Jannah, L.M. (2014). Meode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Rahadian, G., Rohanda, & Anwar, R. K. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan , 2 (1) 27-36.

Riyanto. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer. Bandung: Fokus Media.

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarno. (2011). Perpustakaan dan Buku . Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarigan, HG. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa

Zulkarnain, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.