Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (2) pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan (3) pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi korelasioanal dengan populasi pada SMP Negeri di Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim sebanya 83 orang, dan sampel diambil secara keseluruhan sebanyak 83 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh positif yang siqnifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim (2) motivasi kerja berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 52.4%; (3) kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 43,1%, dan selebihnya kinerja guru ditentukan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).
Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, R. W., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Leadership Styles and Work Motivation on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 105-114. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/33
Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).
Budiyono, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities Vol 2: Issue II, Apr - Jun 2020.
Danim, S. (2004). Motivasi Kepemimpinan Dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Kesumawati, N. dan Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer Fikri.
King, R. J. (2010). The Impact of Teacher Experience Examining the Evidence and Policy Implications. Washington D.C: National Center for Analysis of Longitudinal Data in Education Research.
Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432. https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.178
Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86-95.
Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room to Students Through the Friendly School’s Program. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7. Retrieved from https://www.ijstr.org/final-print/july2018/Giving-Creativity-Room-To-Students-Through-The-Friendly-Schools-Program.pdf
Mangkunegara, A. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10
Nata, A. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia.
Natawijaya, R. (2006). Psikolog Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.
Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.
Rahmadoni, J. (2018). Perancangan Simulasi Pembelajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 34-43. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.160
Rivai, V. (2004). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1). Retrieved from https://ijpsat.ijsht-journals.org/index.php/ijpsat/article/view/1733
Sutisna, A. (1983). Buku Pegangan Pemasaran. Bandung: Sinar Baru.
Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).
Yukl, G. (2015). Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks Anoraga.
Yuliani, T. & Kristiawan, M. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP Vol. 1, No. 2.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.