MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SEMESTER IV JURUSAN MATEMATIKA MATAKULIAH KALKULUS LANJUTAN LANJUTAN) TAHUN PELAJARAN 2014/2015. INCREASING CAPACITY THROUGH LEARNING CONNECTIONS MATHEMATICAL METACOGNITIVE (CLASS ACTION RESEARCH IN SEMESTER IV DEPARTMENT OF MATHEMATICS CALCULUS COURSE CONTINUED CONTINUED) YEARS OF STUDY 2014/2015.

Irmayanti Irmayanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematika mahasiswa/i melalui pembelajaran metakognitif di Semester IV Jurusan Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i semester IV matematika. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dalam usaha peningkatan kemampuan koneksi matematika mahasiswa/i melalui pembelajaran metakognitif. Teknik pengumpulan data dengan cara: Observasi, tes, dan dokumen. Instrumen penelitian ini menggunakan: RPS, LKS, Tes dan Lembar Observasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk untuk siklus I untuk indikator 1, indikator 2, dan indikator 3 berdasarkan kategori Sangat Kurang (SK), Kurang (K), Cukup (C),  Baik (B) dan Sangat Baik (SB) berturut-turut ada sebesar 63,88%, 77,76%, 80,55%, 63,88%, dan 5,54%. Setelah dilakukan pemberian tindakan dengan model pembelajaran Metakognitif, banyak mahasiswa/i yang berhasil meningkatkan kemampuan koneksi matematika pada akhir siklus II, untuk indikator 1, 2 dan 3 kategori Sangat Kurang (SK), Kurang (K), Cukup (C),  Baik (B) dan Sangat Baik (SB) berturut-turut ada sebesar 13,88%, 44.43%, 33,32%, 116,65%, dan 91,65%. Dari penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwa melalui pembelajaran Metakognitif dapat meningkatkan kemampuan koneksi mahasiswa/i semester IV matematika Universitas Labuhanbatu.

 

Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematika, Pembelajaran Metakognitif.

 

This study was conducted to determine the effect of household waste to the environment in terms of aspects of biology at the housing complex kel housekeeping earth. nevertheless compass excl. southern shoreline. This research is a field (Field Research) is a research .Populasi residents handle garbage Complex Graha Pertiwidalam citizens. Samples were done by using stratified random sampling.Untuk collect the necessary data in this study, the data collection tools used, ie observation, interviews, and Library Research.Teknik data collectors that researchers use is to conduct interviews with entrepreneurs as a developer Complex Graha Pertiwi the data collected from the field study will be presented systematically. The results of the research, that rubbish in Housing Complex Graha Pertiwi derived from household waste from residents who live in the complex. The type of waste that is often seen is composed of organic waste and garbage in the complex non organik.Setiap day Graha Pertiwi inmates on average to dispose of waste ranging from 1 kg / perharinya.Kesadaran high community waste management is big enough where their garbage stacked on the front page house and burned, so that the waste could not accumulate too lama.Kendala faced and penanggulangannyamasih efforts in creating public awareness of cleanliness lingkungan.Hal is seen from a habit of throwing garbage on tempatnya.Persepsi community about waste management is still concentrated in the government, whereas hygiene problem is a shared responsibility between the public and the government, the limited space for the collection and final disposal, as well as limited transportation funds rubbish. While a pile of garbage is increasing day by day.

 

Keywords: Household Waste, Graha Pertiwi


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. “Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Matematika untuk SMP”. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Derry, dkk. (1993). Cognition. New York . Harcount Brace Publishers.

Fauzi , A. (2009). Penerapan Kemampuan Metakognitif dalam Pemecahan Masalah.

Foong, P.Y. (2002). Using Short Opend-Ended Mathematics Questions to Promote Thinking and Undestanding. National Institute of Education, Singapore [Online] Provided : http:/www.math.unipa.it/~grim/SiFoong. PDF

Hakim, T. 2002. Pengaruh Pembelajaran Metakognitif Terhadap Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa/i SMK. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Nindiasari. (2004).Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Metakognitif di Kelas VII SMP. Skripsi Tidak Diterbitkan

Sunaryo. 2000. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v2i1.610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.