PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SIAP EXPRESS PT. ANGKASA PURA LOGISTIK CABANG SOLO

Alridho Harisma Putra, Ida Aryati, Sarsono Sarsono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pengaruh kualitas pelayanan terhadap keuasan konsumen SIAP Express PT. Angkasa Pura Logistik Cabang Solo. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SIAP Express PT. Angkasa Pura Logistik Cabang Solo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen SIAP Express PT. Angkasa Pura Logistik Cabang Solo dengan jumlah konsumen sebanyak 310 orang. Untuk memudahkan perhitungan, penulis membulatkan sampel menjadi 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan variabel bebas yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di SIAP Express PT. Angkasa Pura Logistik. Berdasarkan uji t di peroleh hasil variabel bebas yaitu bukti fisik (tangibles) tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sedangkan keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di SIAP Express PT. Angkasa Pura Logistik.

Keywords


Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Agustina, C., Pranata, S., & Lukita, C. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bedasarkan Dimensi Terra (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, Dan Assurance) Pada Pd. Bpr Astanajapura Cabang Cirebon Selatan. JURNAL DIGIT, 12, 67-78.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Armanto, I. D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play. E-Jurnal Manajemen Unud, 7, 1282-1309.

Dewi Novitawati, R. A., Prihatminingtyas, B., & Imansyah. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8, 175-180.

Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politikuniversitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3, 120 - 134.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Istiatin, & Sudarwati. (2021). Metodologi Penelitian. Surakarta: Islam Batik University UNIBA PRESS.

Juniawan, K. A. (2022). The Effect Of Brand Image And Quality Of Service On Consumer Satisfaction At Stop Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Seminyak Branch. Jurnal Mahasiswa Pariwisata dan Bisnis, 1, 786-799.

Khaddapi, M., Burhanuddin, Sapar, Salju, & Risal, M. (2022). Influence Service Quality Customer Satisfaction Through The Loyalty Of Interest On Repurchase Intentions At Jinan Pet Care And Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 8, 951 - 961.

Kotler, & Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kurniasari, F., & Sugiyanto, E. K. (2020). Dimensi Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel X Semarang). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 3, 112-125.

Lena, E. M., Mursito, B., & Hartono, S. (2021). (Consumer Purchase Interest Assessed From The Atmosphere Store, Location, And Word Of Mouth Case Study On Solo Boutique). Jurnal ekbis, 22, 55-68.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Business Administration, 1, 232-243.

Masili, V., Lumanauw, B., & Tielung, M. V. (2022). The Effect Of Service On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As An Intervening Variable At Mentari’s Store Business In Sea Village, Pineleng District, Minahasa Regency. Jurnal EMBA, 10, 44 - 55.

Mursyidah, D. S. (2021). Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Showroom X Kota Bandung. Journal Management, Business, and Accounting, 20, 222 - 234.

Ruski, & Putri, E. E. (2022). The Effect Of Service Quality On Customer Satisfaction Arosbaya Post Office. EcoSocio : Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi-Sosial, 6, 31-36.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono. (2017). Pemasaran Jasa. Andi Offset: Yogyakarta.

Widyaningrum, I. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat. Jurnal STEI Ekonomi, 20, 1 - 22.

Widyastuti. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Tama Jagakarsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16310-16322.

Yulianingsih, T., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Berdasarkan Dimensi Servqual Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Magelang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12, 139 – 152.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i2.6085

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.