PENGARUH PENERAPAN QUANTUM LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Berdasarkan observasi, proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Batam
masih didominasi oleh siswa yang pintar saja sehingga pembelajaran yang berlangsung
belum optimal, hal ini diduga menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Quantum Learning
dengan Mind Mappingterhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen.Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi
Experimental Design), desain penelitian menggunakan model Nonequivalent Posttest only
Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk uraian.Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Batam yang mana terdiri dari 9 kelas
dengan jumlah siswa 360 orang. Sesuai dengan permasalahan yang ingin diteliti, maka dari 9
kelas diperlukan 2 kelas sampel dan didapat kelas VII B sebagai kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan Mind Mappingdan VII A
sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan analisis
data ditemukan (1) Terdapat Pengaruh penerapan Quantum Learning dengan Mind Mapping
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batamtahunpelajaran
2014/2015; (2) Tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran konvensional terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batam tahun pelajaran 2014/2015; (3)
Terdapat perbedaan penerapan Quantum Learning dengan Mind Mapping dan pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batam
tahun pelajaran 2014/2015; (4) Pembelajaran Quantum Learning dengan Mind Mapping lebih
baik dari pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Batam tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: Quantum Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa
masih didominasi oleh siswa yang pintar saja sehingga pembelajaran yang berlangsung
belum optimal, hal ini diduga menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Quantum Learning
dengan Mind Mappingterhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen.Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi
Experimental Design), desain penelitian menggunakan model Nonequivalent Posttest only
Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk uraian.Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Batam yang mana terdiri dari 9 kelas
dengan jumlah siswa 360 orang. Sesuai dengan permasalahan yang ingin diteliti, maka dari 9
kelas diperlukan 2 kelas sampel dan didapat kelas VII B sebagai kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan Mind Mappingdan VII A
sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan analisis
data ditemukan (1) Terdapat Pengaruh penerapan Quantum Learning dengan Mind Mapping
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batamtahunpelajaran
2014/2015; (2) Tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran konvensional terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batam tahun pelajaran 2014/2015; (3)
Terdapat perbedaan penerapan Quantum Learning dengan Mind Mapping dan pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batam
tahun pelajaran 2014/2015; (4) Pembelajaran Quantum Learning dengan Mind Mapping lebih
baik dari pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Batam tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: Quantum Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.193
Refbacks
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.