PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BATAM

Suryo Hartanto, Sriyani Sriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 11 Batam. Sebagai sampel adalah kelas VIII11 menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan kelas VIII10 menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan: 1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar matematika 2) tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika 3) terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar 4) model pembelajaran Talking Stick lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Batam.
Kata kunci: Model pembelajaran Talking Stick, Hasil belajar matematika

The purpose of the research is to find an effect of Talking Stick model and conventional learning model toward students mathematic achievement of VIII grade in SMP Negeri 11 Batam. This research is a quasi experimental.with non equivalent control group design. The population and sample of the research VIII grade students of SMP Negeri 11 Batam. Technique sampling by Cluster Random Sampling. Sample of the research is VIII11 use Talking Stick model and VIII10 use conventional learning.. The instrument used by test and already valid and reliabel. Based on the research obtained that: 1) there is an effect of Talking Stick model toward students mathematic achievement 2) there is not effect of conventional learning toward students mathematic achievement 3) there are difference effect between Talking Stick model and conventional learning toward students achievement 4) Talking Stick model is better than conventional learning toward students mathematic achievement to flat side of geometry (cube and block) VIII class SMP Negeri 11 Batam.
Keywords: Talking Stick learning model, mathematics learning achievement


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Armila Yosi. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padangpanjang Tahun Pelajaran 2013/2014. Sumatra: Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat.

Efirul Khusna. (2014). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salaman tahun pelajaran 2013/2014. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No 81a Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Lubis, Syahron. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press

Miftahul Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Purna Bayu Nugroho. (2012). Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Talking Stick dan penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Maguwoharjo tahun ajaran 2011/2012. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sobry Sutikno. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran, Lombok: Holistica.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.234

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.