A STUDY REVIEW FOR DEVELOPMENT HOUSE OF QUALITY BASED ON GREEN MARKETING
Abstract
House of quality atau dikenal juga dengan QFD (Quality function Deployment) adalah salah satu metode yang digunakan perusahaan untuk memastikan bahwa rancangan produk yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sedangkan green marketing adalah dimana produk yang dihasilkan tetap mempertimbangkan kondisi lingkungan. Tujuan dari paper ini adalah bagaimana mengkombinasikan input atas masukan dari kebutuhan pelanggan kepada perusahaan dengan tetap memperhatikan design yang ramah lingkungan. Dalam implementasi penerapan green marketing kedalam house of quality akan terjadi pada teknikal respon dan korelasi yang selanjutnya hasil matrix ini dapat dijadikan dasar strategy perusahaan dalam hal pemasaran mengingat sekarang dunia internasional lewat beberapa forum konferensi telah mencetuskan produk yang ramah lingkungan, tidak hanya life cycle nya akan tetapi proses dan bahan baku yang dipergunakan pun hendaknya ramah akan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basuki, A. T., Purwaningsih, Y, Soesilo, A. M., & Mulyanto, M. (2020). Determinants of Economic Growth in Indonesia: A Dynamic Panel Model. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 147–156. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no11.147
Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. 2017). “Green marketing”: Analysis of Definitions, Strategy, Steps, And Tools Through A Systematic Review of The Literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263–1279.
Groening, C., Sarkis, J., & Zhu, Q. (2018). Green Marketing Consumer Level Theory Review: A Compendium of Applied Theories and Further Research Directions. Journal of Cleaner Production, 172, 1848–1866.
Hasmidi, Irwan H, Redantan D. (2016) Re-Design Arbor Press Menggunakan QFD Untuk Meningkatkan Output Pada Process Assembly Coupling Half Modular AE71570E-QD, Skripsi Universitas Riau Kepulauan, Batam
Jamal F.N., Othman N.A., Saleh R.C., Nurhana A.H., Rohmah W., (2020) Evaluating Information Credibility Toward Green Marketing in Indonesia, Journal of Asian Finance, Economics and Business, Vol 8 No 2 (2021) 0427–0438
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education Inc.
Kumar, P. (2016). State Of Green Marketing Research Over 25 Years (1990-2014): Literature Survey And Classification. Marketing Intelligence & Planning, 34(1), 64–78.
Kurnia, P., Darlis, E., & Putra, A. A. (2020). Carbon Emission Disclosure, Good Corporate Governance, Financial Performance, and Firm Value. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 223–231. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no12.223
Laczniak, G. R., & Murphy, P. E. (2019). The Role Of Normative Marketing Ethics. Journal of Business Research, 95, 401-407.
Liobikiene, G., Grincevičienė, Š., & Bernatonienė, J. (2016). Environmentally Friendly Behaviour And Green Purchase In Austria and Lithuania. Journal of Cleaner Production, 142, 3789-3797
Papadas, K. K., Avlonitis, G. J., Carrigan, M., & Piha, L. (2018). The Interplay Of Strategic And Internal Green Marketing Orientation On Competitive Advantage. Journal of Business Research, 104, 632–643.
Tjiptono F & Diana A. 2007, Total Quality Management, edisi revisi, penerbit Andi yogyakarta.
Vu, T. H., & Huang, D. C. (2020). Economic Development, Globalization, Political Risk and CO2 Emission: The Case of Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 21–31. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7. no12.021
DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v9i2.3697
Refbacks
Copyright (c) 2021 Universitas Riau Kepulauan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
E-ISSN 2598-9987
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri
Building A, 1st Floor, Faculty of Engineering, University of Riau Kepulauan
Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau
Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id