ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI MITIGASI PADA RISIKO RANTAI PASOK KAYU LOG (STUDI KASUS : PT SLJ GLOBAL TBK, SAMARINDA)

Fernando Alexander Fermi Sitohang, Anggriani Profita, Dharma Widada

Abstract


PT SLJ Global Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan industri perkayuan yang juga memiliki hutan sendiri sebagai asal sumber bahan bakunya. Dalam rantai pasok kayu log terdapat risiko-risiko yang berpotensi merugikan perusahaan seperti jumlah bahan baku kayu yang dipesan tidak sesuai dengan permintaan awal serta faktor cuaca yang mempengaruhi waktu pengiriman yang mengakibatkan keterlambatan pengiriman kayu log yang dikirim melalui kapal ponton dan juga rakit ke perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan strategi mitigasi pada risiko rantai pasok kayu log di PT SLJ Global Tbk. Metode yang digunakan yaitu Supply Chain Operation Reference (SCOR) sebagai dasar mengidentifikasi risiko masing-masing aktivitas rantai pasok dan metode House of Risk (HOR) digunakan untuk mengidentifikasi kejadian risiko serta agen risiko penyebabnya. Hasilnya, didapatkan 30 kejadian risiko yang dikategorikan ke dalam 5 proses yaitu plan, source, make, delivery dan return dengan 39 agen risiko yang teridentifikasi. Diketahui risiko prioritas dengan menggunakan aturan pareto 80:20 dari 17 risk agent yang dilakukan aksi mitigasi, didapatkan 6 aksi mitigasi yang di prioritaskan, yaitu pengontrolan trafo dan koordinasi jadwal mati listrik PLN (PA1) dengan nilai ETD 801, monitor stok bahan bakar power plan (PA2) dengan nilai ETD 600,75, monitor stok awal dan stok dan stok akhir per 1 bulan hingga 2 bulan sekali (PA4) dengan nilai ETD 290,25, pemberian sanksi berupa denda (PA7), pemberian sanksi berupa surat peringatan (PA16), dan booking jadwal kapal sebelumnya dari jauh-jauh hari (PA5) dengan nilai ETD 114.


Keywords


Strategi Mitigasi, Rantai Pasok, SCOR dan HOR

Full Text:

PDF

References


Kumalasari, H. W., 2015. Penerapan Sistem Target Costing dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba Usaha (Studi Kasus: Usaha Dagang Tiga Putra di Kota Mojokerto) [Skripsi]. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Badan Pusat Statistik. (2019) Statistik Produksi Kehutanan Statistics Of Forestry Production.

Ariyanto, N.T., 2018. Analisis Mitigasi Risiko pada Rantai Pasok Perusahaan Kayu Lapis dengan Meotde House Of Risk (HOR) [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, Fakultas Teknologi Industri.

Magdalena, R., dan Vannie, ‘Analisis Risiko Supply Chain dengan Model House Of Risk (HOR) pada PT. Tatalogam Lestari”, Jurnal Teknik Industri Vol. 14, No. 2, 2019.

Fahmi, I., Manajemen Risiko Teori, Kasus, dan Solusi, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2015.

Rustam, B. R., Manajemen Risiko Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2019.

Nadhira, A. H. K., Oktiarso, T., dan Harsoyo T. D., “Manajemen Risiko Rantai Pasok Produk Sayuran Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference dan Model House Of Risk”, Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol. 2, No. 2, 2019.

Pujawan, I, N., dan Mahendrawati, Supply Chain Management. Edisi 3, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2017

Pujawan, I. N., dan Geraldin, L. H., House of Risk: A Model for Proactive Suply Chain Risk Management, Journal Business Process Management, Vol. 15, No. 6, 2009.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v10i2.4664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter