ANALISIS POTENSI BAHAYA KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI FURNITURE DENGAN METODE HIRARC (STUDI KASUS: PT XYZ)

Maheru Abdi Firmansyah, Dzakiyah Widyaningrum, Hidayat Hidayat

Abstract


PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang furniture yang ada di kabupaten Gresik. Dalam proses produksinya perusahaan ini memiliki empat stasiun produksi, yaitu stasiun pemotongan bahan baku, stasiun pembentukan pola dengan mesin spindel, stasiun pemasangan vinil, dan stasiun final check & packing. Dari setiap kegiatan di masing-masing stasiun produksinya tidak terlapas dari potensi bahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan dalam melakukan pengendalian setiap pekerjaan sehingga dapat menekankan angka kecelakaan dan kerugian biaya yang dialami perusahaan dengan pendekatan hazard identification, risk assessment, and risk control (HIRARC). Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui hasil identifikasi bahaya yang ditemukan dengan jumlah total 71 risiko yang terdiri dari 23 risiko pada stasiun pemotongan bahan baku, 19 risiko pada stasiun pembentukan pola dengan mesin spindel, 18 risiko pada stasiun pemasangan vinil, dan 11 risiko pada stasiun final check & packing. Saran perbaikan yang dapat diberikan yaitu dengan cara melakukan penerapkan pemakaian helm safety dan sepatu safety, memberikan pelatihan kerja dan meningkatkan penerapan pemakaian wajib APD (seperti sarung tangan, masker), pengendalian administrasi seperti safety talk yang dilakukan sebelum melakukan pekerjaan.

Keywords


Bahaya Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Hirarc

Full Text:

PDF

References


a. Agus Koreawan, O., & Basuki, M. (2019). Identifikasi Bahaya Kerja Dengan Pendekatan Hazard Identification Risk Assessment And Risk Control (HIRARC) Di PT. Prima Alloy Steel Universal.

b. Alfaret, D., & Fadhilah. (2021). Analisis Resiko Keselamatan Kerja Dengan Metode Hirarc (Hazard Identification, Risk Assessment, And Risk Control) di Tambang Bawah Tanah PT.Nusa Alam Lestari, Desa Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Bina Tambang, 6(4).

c. Arif Gunawan, A. G., & Yenny Bendatu, L. (2015). Perbaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Metode HIRARC di PT. Sumber Rubberindo Jaya. In Jurnal Titra (Vol. 3, Issue 2).

d. Australia, S., & Madill, K. (2003). AS/NZS 4360:1999 Risk Management.

e. Boruthnaban, A. J., Handoko, F., & Heksa, G. W. (2021). PERBAIKAN KINERJA IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA UNTUK MENGURANGI RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN PENDEKATAN HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) DI PT XYZ. Jurnal Mahasiswa Teknik Industri, 4(2).

f. Giananta, P., Hutabarat, J., & Soemanto. (2020). Analisis Potensi Bahaya Dan Perbaikan Sistem Keselamatan Daan Kesehatan Kerja Menggunakan Metode Hirarc Di PT. Boma Bisma Indra. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 3(2).

g. Hartanto, V. (2018). Hazard Identification Berdasarkan OHSAS 18001:2007 di Universitas X (Vol. 6, Issue 2).

h. Iryaning Handayani, D., & Purwanto, A. (2014). Assessment on Work Safety and Health Risks.

i. Purwanto, M. A., Rizqi, A. W., & Hidayat, &. (2022). Analisis Kecelakaan Kerja Menggunakan Metode Hirarc (Hazard Identification, Risk Assessment Dan Risk Control) Di Divisi Maintenance Cv. Dira Utama Sejahtera. Jurnal Teknovasi, 09, 20–30.

j. Ramadhan, F. (2017). Analisis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control (HIRARC). Universitas Serang Raya.

k. Sumarya, E. (2022). ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER SAFETY AND NAVIGATION EQUIPEMENT MENGGUNAKAN METODE AHP ( ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ) DI PT . SMP. 10(1).

l. Willy Afredo, L., & Pratama Pebrina Br Tarigan, U. (2021). Analisis Resiko Kecelakaan Kerja di CV. Jati Jepara Furniture dengan Metode HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control). In Junal Ilmiah Teknik Industri Prima) (Vol. 4, Issue 2).




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v10i2.4672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter