PERBAIKAN PARAMETER UNTUK MENGATASI DEFECT BLUE HAZE PADA PROSES AUTO GLAZING DENGAN METODE TAGUCHI (PT. EXCELITAS TECHNOLOGIES BATAM)

Hery Irwan, Alsyah Rizal

Abstract


PT. Excelitas Technologies Batam (PETB) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur yang menghasilkan produk optoelektonik. Salah satu produk yang dihasilkan adalah lighting dan salah satu proses yang menghasilkan defect yang tinggi adalah proses auto glazing sebesar 4%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor mempengaruhi tingginya defect blue haze pada process auto glazing dan menetapkan parameter terbaik dengan menggunakan metode Taguchi. Dari hasil penelitian ini diperoleh untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan kombinasi parameter yaitu penggunaan 8 holes burner, suhu temperature di setting menjadi 1200 °C dan yang terakhir jarak antara benda dan sumber burner menjadi 9,5mm. Dari perubahan parameter tersebut diperoleh mengatasi defect blue haze rata-rata sebesar 3.9%.


Full Text:

PDF

References


. Ariandini, Betha, et al. "Perbaikan Kualitas Water-based Paint dengan Metode Taguchi." JURNAL TEKNIK INDUSTRI 11.1 (2021): 8-16.

. Dewi, S. K., & Ummah, D. M. (2019). Perbaikan Kualitas Pada Produk Genteng Dengan Metode Six Sigma. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 14(2), 87-92.

. Garvin, David A. (1987), Competing on the Eight Dimensions of Quality. Harvard Business Review 65, no. 6.

. Gaspersz, V.(2007). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries.

. Gelman, A. (2005). Analysis of Variance-Why it is more important than ever. The Annalysis of Statistics, 33, 1-53.

. Heriyanto, Muhamad Ali Pahmi. "Perbaikan Kualitas Produk Dengan Metode SIX SIGMA DMAIC Di Perusahaan Keramik." JENIUS: Jurnal Terapan Teknik Industri 1.1 (2020): 47-57.

. Ishikawa, K. 1998. Teknik Penuntun Pengendalian Mutu. Penerbit Mediyatama Sarana Perkasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

. Izzah, Nailul, and Muhammad Fahrur Rozi. "Analisis pengendalian kualitas dengan metode six sigma-dmaic dalam upaya mengurangi kecacatan produk rebana pada UKM Alfiya Rebana Gresik." Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika 7.1 (2019): 13-26.

. Juran, J., & Godfrey, A. (1998). Juran’s Quality Handbook, 5th Edition. In Juran’s Quality Handbook, 5th Edition.

. Kotler et al. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, edisis keduabelas, Erlangga, Jakarta

. Kotler et al. 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta

. Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

. Montgomery, Douglas C. 2009. Stastical Quality Control: a Modern Introduction. 7th Edition. United States: John Wiley and Sons. Inc. Nadiah, Zizalatun.

. Ostertagova, E., & Ostertag, O. (2013). Methodology and Application of One-way ANOVA. American Jorunal of Mechanical Engineering, 256-261.

. Ostertagova, E., & Ostertag, O. (2013). Methodology and Application of One-way ANOVA. American Journal of Mechanical Engineering, 1, 256-261.

. Pande, P. S., Neuman, R. P. & Cavanagh, R. R..(2000). The Six Sigma Way. New York: McGraw Hill.

. Putra, M. P. (2010). Identifikasi Solusi Alternatif Terhadap Keputusan Investasi Mesin Produksi Menggunakan Metode Design of Experiments. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia

. Roy, R. (2004). Design of Experiments (DOE) Using the Taguchi Approach




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v11i1.5238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri

Building A, 1st Floor, Faculty of Engineering, University of Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter