PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DENGAN DAUN BALAKACIDA DAN STRATEGI PEMASARAN DI BATAM

Anry s p Sihombing, Andreaz Rahmad, Salsabilla Anisa Rusdi, Siti Nur Sakira

Abstract


Pupuk organik didefinisikan sebagai pupuk yang sebagian atau seluruhnya berasal dari tanaman dan hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk organik merupakan salah satu solusi ramah lingkungan untuk memanfaatkan limbah organik menjadi sumber nutrisi tanaman. Bahan untuk membuat pupuk organik ini adalah tumbuh-tumbuhan dari alam dengan memanfaatkan daun balakacida, untuk menghasilkan pupuk organik yang sangat bernutrisi bagi tanaman. Inovasi daun balakacida dalam pembuatan pupuk organik sangat bermanfaat untuk memperbaiki kesuburan tanah bagi peningkatan produksi pertanian, baik secara kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan dalam meningkatkan kualitas tanaman secara berkelanjutan. Tujuan jurnal ini adalah untuk memberikan solusi pupuk yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan daun balakacida. Dari jurnal ini diharapkan pembaca bisa mengetahui cara pembuatan pupuk organik dan pemasarannya.

Keywords


Keyword: organic fertilizer, balakacida leaves, marketing strategy

Full Text:

PDF

References


Nurhaliza, Siti, Zakiyah Zahara, and Syamsul Bahri Dg Parani.

"IMPLEMENTASI MARKETING MIX 7P DALAM MENGINTERPRETASIKAN

STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA OUT OF THE BOX." Bridging

Journal of Islamic Digital Economics and Management 1.1 (2023):

-297.

Anggraini, Windi, Berlintina Permatasari, and Almira Devita Putri.

"Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Dan

Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok

Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung." TECHNOBIZ:

International Journal of Business 6.2 (2023): 86-96.

Putri, Tasya Yustika, Tuti Anggraini, and Rahmat Daim Harahap.

"Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

P Pada UMKM Tenis (Teh Nikmat Sidamanik)." Syarikat: Jurnal

Rumpun Ekonomi Syariah 6.1 (2023): 37-48.

Maisah, Maisah, et al. "Pengembangan Pendidikan Tinggi Berorientasi

Kewirausahaan Dalam Perspektif Global." Jurnal Ilmu Manajemen

Terapan 1.4 (2020): 305-317.

Nurhayaty, Maria. "Strategi mix marketing (product, price, place,

promotion, people, process, physical evidence) 7p di pd rasa galendo

kabupaten ciamis." Jurnal Media Teknologi 8.2 (2022): 119-127.

Rochmadika, Hanif, and Asep Parantika. "Strategi Bauran Pemasaran

P Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT dalam Upaya

Meningkatkan Daya Saing Mangata Coffee & Eatery." Media Wisata

1 (2023): 164-177.

Zulfa, Istofia, and Tuwis Hariyani. "Implementasi bauran pemasaran

p dalam meningkatkan volume penjualan UKM Ampuh di Kabupaten

Kediri pada masa pandemi Covid-19." Jurnal Multidisiplin Madani 2.1

(2022): 299-314.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v12i2.6749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri

Building A, 1st Floor, Faculty of Engineering, University of Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter