PROFIL PERMASALAHAN MAHASISWA PRODI BK UNRIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil permasalahan mahasiswa prodi BK UNRIKA berdasarkan kategori permasalahan secara umum, klasifikasi masalah dan bidang pengembangan BK. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi bimbingan konseling UNRIKA yang berjumlah 36 orang. Penarikan sampel menggunakan sampel jenuh atau total sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument inventori Daftar Cek Masalah (DCM). Hasil analisis data menunjukkan bahwa permasalahan mahasiswa prodi BK UNRIKA sebagian besar berada pada kategori cukup dengan rentangan permasalahan 11%-25% dan sebagian kecil yang mengalami permasalahan dengan rentangan 26%-50% serta 51%-100%. Berdasarkan klasifikasi masalah menunjukkan pada bidang kesehatan dan perkembangan fisik berjumlah 126 masalah, pada bidang masa depan dan cita-cita pendidikan sebanyak 106 masalah dan pada bidang kebiasaan belajar sebanyak 203 masalah. Dan berdasarkan bidang pengembangan BK membuktikan sebanyak 324 jumlah masalah pada bidang pengembangan pribadi dan 349 masalah pada bidang pengembangan belajar, artinya bidang pengembangan pribadi dan belajar merupakan bidang masalah tertinggi yang dialami oleh mahasiswa prodi BK UNRIKA. Penelitian ini merekomendasikan mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran diri terhadap permasalahan yang dialami dan mengikuti pelayanan konseling baik individu maupun kelompok secara berkala dan berkelanjutan.
Kata kunci : Masalah Mahasiswa, Profil Mahassiwa Prodi BK UNRIKA.
Full Text:
PDFReferences
Asni & Dony (2019) Urgensi UPT BK dalam Mengentaskan Permasalahan Mahasiswa UHAMKA. PROCEEDING Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia Bandung, 27-29 April 2019 link file:///C:/Users/Hp/Downloads/486-Article%20Text-959-1-10-20190723.pdf
Budi Astuti (2019) Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa BK. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. (2 ) 1. Hlm. 63-74
Eti Hurhayati (2011) Bimbingan Konseling & Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hurlock, EB (1980) Developmental Psychology: A Lifespan Approach. 4th Edition. New York : McGraw-Hill Inc.
Hurlock, E.B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang. Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Soedjarwo dan Iswidayanti. Jakarta: Erlangga
Maryati, et.al (2020) Evaluasi Pemanfaatan Koleksi Deposit Oleh Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Acta Diurna Komunikasi. (2) 1
Piaget, J. (1983). Science of Education and Psychology of the Child. New York : Orient Press.
Prayitno (2015). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta
Prayitno (2005). Konseling Pancawaskita. Program PPK : UNP press
Prayitno, et al (2005). Pedoman AUM . Proyek PGSM Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Sarlito, WR. (2005) Psikologi Remaja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sudarman, P. (2004). Belajar Efektif Di Perguruan Tinggi. Bandung:Rekatama Media
Triya Utami, et.al. (2013) Pemetaan Masalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Tahun 2013. Jurnal BK UNESA, (3).1. Hlm, 133-137
Wahyu Trisna Nurmalita et.al. (2013) Pemetaan Masalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (Fis) Universitas Negeri Surabaya Tahun Angkatan 2009-2012. Jurnal BK UNESA, (3) 1. Hlm, 150-154
Yudrik Jahja (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama
Yusuf, Syamsu (2007) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v7i2.2857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071
Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia
Email: kopastaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.