Pengaruh Layanan Konseling Kelompok berbasis Optimalisasi Kecerdasan Spiritual untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Nganjuk

Alifia Aizah Fitriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh layanan konseling kelompok berbasis optimalisasi kecerdasan spiritual untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP di UPT PPSAA Nganjuk. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan desain true experimental dengan jenis pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah 27 siswa SMP di UPT PPSAA Nganjuk, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa yang terindikasi memiliki konsep diri rendah dan diambil melalui teknik probability sampling dengan bentuk simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian melalui penyebaran angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test melalui bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat konsep diri siswa antara sebelum dan sesudah diberikan treatment menggunakan layanan konseling kelompok berbasis optimalisasi kecerdasan spiritual. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti bahwa H0 ditolak, artinya layanan konseling kelompok berbasis optimalisasi kecerdasan spiritual memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan konsep diri siswa SMP di UPT PPSAA Nganjuk.
Kata Kunci; Konseling Kelompok, Optimalisasi Kecerdasan Spiritual, Konsep Diri, Remaja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v9i2.4137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.