Editorial Policies

Focus and Scope

Hadirnya jurnal PETITA memberi harapan baru untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Ilmu Hukum. Fokus dan cakupan PETITA secara detail ialah sebagai berikut:

  1. Hukum Pidana, mencakup : pembelajaran terkait penanganan kasus-kasus kriminal. Materi yang dipelajari juga kental dengan nuansa kriminal, seperti Hukum Pidana, Hukum Acara Pidana, Kriminologi, Viktimologi, Kejahatan Korporasi, Penologi, Kriminalistik, Hukum Pidana Internasional, Pengadilan Hak Asasi Manusia, Perbandingan Hukum Pidana, dan lain-lain.
  2. Hukum Perdata, mencakup : pembelajaran terkait hukum yang mengikat kontrak dan perjanjian. Materi yang disajikan terkait Hukum Perdata, Hukum Acara Perdata, Perbandingan Hukum Perdata, Hukum Perselisihan, Hukum Perkawinan, Hukum Keluarga dan Waris, Pengembangan Hukum Keperdataan, Hukum HAKI, Hukum Perbankan, Hukum Pasar Modal dan Investasi, dan lain-lain.
  3. Hukum Tata Negara, mencakup : pembelajaran terkait pokok-pokok aturan kenegaraan, lembaga kenegaraan, termasuk pembuatan undang-undang. Materi yang disajikan terkait Perbandingan Hukum Tata Negara, Hukum Konstitusi, Kapita Selekta Hukum Tata Negara, Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, dan lain-lain.

 

Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun (Juli dan Desember). Artikel yang sudah diterima dan siap dipublikasikan melalui online (early view) secara bertahap serta versi cetaknya akan diedarkan pada akhir periode penerbitan online.

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Author Guidlines

PETITA

 

Copyright Licensing

PETITA menggunakan perjanjian lisensi eksklusif. Penulis akan mempertahankan hak cipta bersama hak penggunaan ilmiah dan Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan akan diberikan hak penerbitan dan distribusi.

Akses penulis terbuka mempertahankan hak cipta dari artikel mereka, dan semua artikel terbuka didistribusikan di bawah syarat-syarat Lisensi Pengaitan Creative Commons (CC BY-SA), yang memungkinkan orang lain mendistribusikan dan menyalin artikel asalkan karya asli dikutip dengan benar.

Pengguna tidak dapat mewakili penulis sebagai dukungan adaptasi artikel mereka, dan tidak mengubah artikel sedemikian rupa untuk merusak kehormatan atau reputasi penulis.

 

Publication Ethic

Pernyataan etika dan publikasi malpraktik publikasi kami terutama didasarkan pada Kode Etik dan Pedoman Praktik-Terbaik untuk Editor Jurnal.

Tanggung Jawab Prinsip Editor

 Keputusan editor

Editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang diserahkan ke jurnal yang akan diterbitkan. Editor akan mengevaluasi manuskrip tanpa memperhatikan ras, gender, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis. Keputusan akan didasarkan pada kepentingan, orisinalitas dan kejelasan artikel, dan validitas studi dan relevansinya dengan ruang lingkup jurnal. Persyaratan hukum terkini terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme juga harus dipertimbangkan.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial apa pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang pengiriman naskah kepada siapa pun selain dari penulis yang bersangkutan, peninjau, peninjau potensial, penasihat editorial lainnya, dan penerbit, sebagaimana mestinya. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam artikel yang dikirimkan tidak akan digunakan oleh editor atau anggota dewan editorial untuk tujuan penelitian mereka sendiri tanpa persetujuan tertulis eksplisit dari penulis.

Tanggung Jawab Prinsip Peninjau

 Kontribusi Peer-Review

 Proses peer-reviewing membantu editor dan dewan redaksi dalam membuat keputusan editorial dan mungkin juga melayani penulis dalam memperbaiki artikel.

 Kerahasiaan

 Manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia, tidak boleh diungkapkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor. Standar objektivitas Tinjauan harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi dari penulis tidak tepat. Harus mengungkapkan pandangan dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan-hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan artikel.

Tanggung Jawab Prinsip Penulis

 Standar Pelaporan

 Penulis harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi obyektif tentang signifikansinya. Sebuah artikel harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi pekerjaan. Pernyataan yang curang atau dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 Plagiarisme dan Pengakuan Sumber Penulis akan mengutip secara tepat atau mengutip karya dan / atau kata-kata orang lain. Publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan juga harus dikutip. Publikasi Ganda, Redundan atau Konkuren Secara umum, artikel yang menggambarkan pada dasarnya penelitian yang sama tidak boleh dipublikasikan di lebih dari satu jurnal. Mengajukan kertas yang sama ke lebih dari satu jurnal penerbitan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Manuskrip yang telah diterbitkan sebagai materi yang dilindungi hak cipta di tempat lain tidak dapat diserahkan. Selain itu, manuskrip yang ditinjau oleh jurnal tidak boleh dikirim ulang ke publikasi berhak cipta. Namun, dengan mengirimkan naskah, penulis mempertahankan hak atas materi yang dipublikasikan.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan untuk bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas dalam bentuk erratum.